Berwisata Dan Berziarah

Posted on

Wisata yang kita kenal saat ini berbagai macam ragam macamnya, ada wisata pantai, pegunungan, argo wisata, kuliner, religi dan lain-lain. Lalu apakah ada dua jenis wisata dalam satu lokasi? jawabannya ada,Dan itulah yang akan saya bahas.

Untuk kali ini saya akan membahas sebuah lokasi wisata yang bisa kita nikmati keindahan alamnya sekaligus berwisata religi untuk memenuhi kebutuhan rohani kita. Dimana itu, kalau di daerah saya ada sebuah pulau kecil yang tidak berapa jauh dari daratan, yang bernama Pulau Cangkir.

Pulau ini terletak di sebelah utara Desa Kronjo Kec. Kronjo Tangerang Banten, banyak sekali pengunjung ke sini terutama pada hari-hari besar Islam, seperti pada waktu Maulid, Rajab, Idul Fitri, idul Adha dan waktu-waktu lainnya.

Dulu pulau ini terpisah dari daratan, namun sekarang sudah dibuatkan jalan yang bagus untuk menuju ke pulau ini, jadi kita tidak perlu naik perahu untuk menyebranginya, karena kendaraan kita motor atau mobil sudah bisa langsung masuk kedalam pulau ini.

Saya sendiri tidak tahu kenapa pulau ini di sebut dengan pulau cangkir, mungkin karena pulau ini sangat kecil dan berbentuk cangkir, sehinnga di sebut pulau cangkir, padahal menurut saya pulau ini tidak berbentuk seperti cangkir. Mungkin bisa saja pada zaman dulu  pulau ini berbentuk cangkir, namun karena abrasi air laut yang membuat bentuk pulau nini berubah bentuk, seperti yang kita lihat sekarang ini.

Pulau cangkir mempunyai pantai yang sangat indah, namun seiring dengan semakin banyaknya pengunjung dan pedagang di pulau ini, membuat pulau ini menjadi kumuh dan kotor dengan sampah di mana-mana, bahkan sampai ke bibir pantai.

Konon di Pulau Cangkir ini terdapat sebuah makam keramat dari salah seorang Waliyullah yang bernama Pangeran Jaga Lautan. Beliau adalah salah satu putera keturunan kesultanan Banten yang mandapatkan tugas untuk menyebarkan Islam di daerah Kronjo. Hal itulah yang membuat banyak para pengunjung yang berwisata kesini sekaligus untuk berziarah ke makam Pangeran Jaga Lautan.

Saya sendiri sudah sering kesana, karena jaraknya yang dekat dengan rumah saya. Demikian pembahasan saya kali ini, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda yang sedang mencari lokasi wisata yang sesuai dengan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *