Desa Wisata – Wisata Desa

Posted on

Desa Wisata adalah desa yang telah masuk katagori menjadi lokasi wisata yang sudah layak menjadi sebuah lokasi wisata yang bertema pedesaan, menurut Wikipedia Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Lalu apa perbedaan Desa Wisata dengan Wisata Desa? Sering kita mendengar istilah Wisata Desa dan Desa Wisata, apakah ada perbedaan antara kedua istilah itu? dua kata itu sangat mirip hanya di bualk balik saja, tapi mempunyai arti yang berbeda.

Menurut Berdesa.com Wisata Desa adalah kawasan pedesaan yang menawarkan keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian desa baik dari sosial ekonomi, budaya dan berbagai potensi unik desa yang telah dikembangkan menjadi komponen wisata seperti pesona alam desanya yang indah, kuliner khas desa, cindera mata, homestay dan sebagainya.

Lalu bagaimana dengan Desa Wisata? Desa wisata bermakna sebagai kegiatan wisata yang dilakukan pada obyek wisata desa. Maka, desa wisata adalah obyek dan wisata desa adalah kegiatannya. Keduanya adalah potensi besar yang dimiliki berbagai desa di Indonesia yang saat ini sedang semarak berkembang yang akan menjadi potensi besar untuk peningkatan ekonomi di pedesaan.

Dari keterangan di atas kita bisa tahu perbedaan antara kedua istilah itu, namun tidaklah mudahuntuk  mendapatkan istilah Desa wisata. Soalnya, Desa wisata berarti sebuah desa yang harus memiliki berbagai aspek yang mendukung desa itu menjadi tujuan wisata yang menarik dengan segala hal yang mendukungnya. jadi tidaklah  cukup sebuah desa yang hanya memiliki satu dua obyek wisata dengan fasilitas seadanya lalu menyebut dirinya sebagai desa wisata. Lalu  apa saja  sih sebenarnya yang harus dimiliki sebuah desa supaya layak disebut Desa wisata? Ini beberapa hal yang harus dipenuhi :

  1. Punya obyek-obyek wisata yag menarik
  2. Akses jalan yang mudah
  3. Akomodasi, tranfortasi dan telekomunikasi tersedia
  4. Adanya jaminan keamanan bagi pengunjung
  5.  Adanya dukungan dari seluruh warga
  6. Desa wisata umumnya berhawa sejuk dengan alam yang asri dan indah
  7. Berhubungan atau dekat dengan obyek wisata lain yang sudah dikenal luas

Itulah beberapa ketentuan yang harus di miliki oleh setiap desa bagi yang ingin desanya di sebut Desa Wisata untuk menjadi tujuan Wisata Desa. Jika tidak memiliki beberapa hal di atas,  maka sebuah desa itu belum bisa menyebut dirinya Desa wisata.

Demikianlah pejelasan saya kali ini tentang Desa Wisata dan Wisata Desa, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda yang ingin mencari Desa desa wisata yang mempunyai kriteria Desa Wisata. Terima kasih dan sampai jumpa pada postingan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *