Segarnya Berwisata ke Puncak Suroloyo

Posted on

Halo teman – teman Travellers, sudahkah kamu mengetahui tentang obyek wisata puncak Suroloyo? Puncak Suroloyo adalah sebuah tempat wisata yang sudah terkenal di kawasan Yogyakarta. Puncak ini terletak di Desa Gerbosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Bagi para wisatawan, mungkin tempat ini akan menjadi tujuan berwisata selanjutnya karena tempat wisata ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis yang jarang ditemui di tempat lain.

Pemandangan di Puncak Suroloyo

Kali ini Wisataku akan mencoba memberikan informasi tentang obyek wisata di Puncak Suroloyo. Bagaimana pemandangan yang ditawarkan oleh Puncak Suroloyo ini? Jika anda mengunjungi tempat wisata ini, anda dapat menikmati sun rise yang akan membuat anda terkagum-kagum dengan wisata alam ini.

Sunset di Puncak Suroloyo

Dari puncak Suroloyo, anda dapat melihat 4 gunung tinggi yang ada di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi, Sindoro, Sumbing, dan Gunung Merbabu. Pastinya ini akan membuat anda merasa segar karena pemandangan yang ditawarkan serasa anda dikelilingi oleh pemandangan alam yang sangat luar biasa. Selain pemandangan gunung, dari puncak ini anda juga bisa melihat Candi Borobudur yang menawan dan tampak berwarna sedikit kehitaman dengan awan yang menyelimutinya.

Pemandangan Candi Borobudur dari Puncak Suroloyo

Rute Perjalanan

Puncak Suroloyo ini memiliki ketinggian 1091 meter di atas permukaan laut ini terletak di Pegunungan Menoreh. Untuk mencapai tempat ini, anda harus melewati trek yang lumayan jauh dan melewati jalan yang berkelok-kelok, naik dan turun. Terdapat 2 rute perjalanan untuk dapat mencapai tempat ini:

Rute pertama adalah melalui Jalan Godean > Sentolo > Kalibawang. Rute pertama ini banyak dipilih wisatawan karena rute ini adalah rute yang tercepat untuk sampai ke Puncak Suroloyo. Sebelum memulai perjalanan, pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan yang bagus. Selain itu, pastikan juga kendaraan yang anda bawa memiliki tenaga yang baik dan dalam kondisi yang prima. Jika anda menggunakan mobil, direkomendasikan menggunakan mobil yang biasa untuk trek ekstrim seperti Jeep. Sedangkan untuk pengguna motor, gunakanlah motor yang memiliki CC minimal 125 dengan kondisi fisik yang bagus, namun disarankan menggunakan motor sejenis trail.

Tangga menuju puncak Suroloyo

Sedangkan rute kedua adalah melalui Jalan Magelang > Pasar Muntilan > Kalibawang. Namun rute ini lebih jauh daripada rute yang pertama.

Puncak Suroloyo ditandai dengan adanya 3 gardu atau disebut juga pertapaan yang bernama Suroloyo, Sariloyo, dan Kaendran. Pada 3 pertapaan ini, anda akan mendapatkan view pemandangan yang berbeda-beda. Misalnya di pertapaan Suroloyo anda akan dapat melihat Gunung Merapi, gunung Merbabu, Candi Borobudur, dan kota Magelang. Pertapaan Suroloyo adalah pertapaan yang paling terkenal diantara pertapaan yang lainnya.

Mitos Puncak Suroloyo

Jika anda belum tahu mitos dan kisan yang tersimpan dibalik tempat wisata nan eksotis ini, Wisataku akan memberikan informasi mengenai kisah dan mitos yang ada didalamnya. Puncak Suroloyo ini mempunyai cerita Raden Mas Rangsang / Sultan Agung Hanyokrokusumo yang bertapa karena mendapatkan 2 wangsit yaitu harus berjalan dari Kotagede ke barat menuju Pegunungan Menoreh untuk mendapatkan cita-cita sebagai penguasa tanah jawa, wangsit yang kedua adalah dia harus menjalani topo broto untuk mewujudkan keinginannya menjadi penguasa. Mitos yang ada di puncak ini adalah bahwasanya puncak ini merupakan kiblat pancering bumi atau pusat dari 4 penjuru yang konon kabarnya Puncak Suroloyo adalah titik pertemuan 2 garis yang ditarik dari barat ke timur dan dari utara ke selatan di Pulau Jawa.

Biaya ke Puncak Suroloyo

Untuk berwisata ke tempat ini, anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk karena wisata ke Puncak Suroloyo bisa dinikmati secara gratis. Wisatawan hanya perlu menyediakan biaya untuk transportasi dan logistic untuk di tempat wisata.

Tips Berwisata ke Puncak Suroloyo

Berikut ini Wisataku akan memberikan tips berwisata ke Puncak Suroloyo. Berikut ini adalah tipsnya:

  • Gunakanlah kendaraan yang mempunyai kondisi masih bagus dan handal di trek yang ekstrim.
  • Pakailah pakaian yang sopan dan tebal karena tempat ini berada di ketinggian 1091 meter diatas permukaan laut dan masih menyimpan mitos.
  • Siapkan kamera untuk mengabadikan momen-momen pada saat di obyek wisata.

Nah, itulah sedikit informasi yang bisa Wisataku berikan tentang obyek wisata di Puncak Suroloyo. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *