Wisata Dikebun Raya Cibodas

Posted on

Kali ini saya akan membahas sesuatu yang menyenangkan dan menyegarkan yang peun dengan suasana yang tenang di Kebun Raya Cibodas, nama tempat ini mungkin masih terdengar sedikit asing untuk orang-orang yang berada di luar wilayah Jabodetabek, karena tidak sepopuler  Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor yang lokasinya berdekatan dengan istana membuat namanya lebih dikenal dan saat ini sering digunakan oleh Bapak Presiden. Tapi keindahan dan suasana alam di Kebun Raya Cibodas ini tidak kalah indahnya bila di bandingkan dengan Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Cibodas berlokasi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Lokasi Kebun Raya Cibodas berada di area Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango,  di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian kurang lebih 1300 – 1425 meter di atas permukaan laut. Luas Kebun Raya Cibodas berada sekitar 85 hektar dan temperatur rata-rata di kawasan ini adalah 20°C. Keadaan tersebut membuat suasana di area Kebun Raya Cibodas sangat sejuk, segar dan nyaman. Seorang ahli fisiologi tumbuhan, Dr. F.W. Went menggambarkan keindahan Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu surga dunia. Bahkan ada yang menjulukinya sebagai Taman Firdaus di Asia.

Menurut dari beberapa sumber, Kebun Raya Cibodas didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann, seorang ahli Botani Belanda, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor yang berlokasi di kaki Gunung Gede. Pad mulanya beliau membuka kebun raya ini untuk perkebunan kina. Tapi Ternyata tanah Cibodas tidak cocok untuk pohon kina. Dengan curah hujan 2.380 mm per tahun dan suhu rata-rata 18 derajat Celsius, akhirnya kebun botani ini dikhususkan bagi koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti berbagai tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

Setiap tanggal 11 April di peringati sebagai hari jadi Kebun Raya Cibodas, dan biasanya pada hari istimewa tersebut, pengunjung tidak di bebani tiket masuk, alias gratis, yang biasanya pada hari hari biasa pengunjung di kenakan biaya masuk sebesar Rp.16.000. Makanya kalau mau gratis, berkunjunglah ke sini setiap tanggal 11 April.

Keindahan Kebun Raya Cibodas ini tidak di ragukan lagi, dengan udara yang segar dan sejuk menambah keindahannya yang luar biasa, di antaranya ada  air terjun, ada bunga sakura, ada danau dan pepohonan yang hijau menambah keindahan panorama alam di Kebun Raya Cibodas ini.

Bagi anda yang senang berpetualang, Kebun Raya Cibodas ini sangat cocok untuk anda, demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *